WASPADALAH...!!!! WASPADALAH....!!!! KEJAHATAN TERJADI BUKAN HANYA KARNA ADA NIAT PELAKU, TAPI BISA TERJADI KARNA ADA KESEMPATAN


Soal Tematik Pajak


Soal Tematik A
                              


1.    Apakah yang menjadi dasar penghitungan Pajak Bumi dan Bangunan ……… Nilai Jual Kena Pajak (NJKP)

2.    Dalam Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dikenal  istilah NJOPTKP, apa kepanjangan dari NJOPTKP ………………….. (Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak)

3.    Berapakah Prosentase Besarnya Nilai Jual Kena  Pajak  untuk Objek Pajak Pertambangan ….. (20 %)

4.    Keberatan diajukan dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan sejak tanggal diterimanya SPPT/SKP  oleh Wajib Pajak merupakan salah satu …………… dalam pengajuan keberatan PBB  (Syarat Formal)

5.    Dalam basis data Sistem Informasi Geografis PBB memuat data spasial dan data atribut, dibawah ini termasuk  data atribut objek pajak kecuali :
a.      Luas dan kelas tanah
b.      Alamat Wajib Pajak
c.      Jumlah pajak terutang
d.      Jenis penggunaan Bangunan


Soal Tematik B



1.       Apakah yang menjadi dasar pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan ………. (Nilai Jual Objek Pajak)

2.       Dalam Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dikenal  istilah SPOP, apa kepanjangan dari SPOP ………….. (Surat Pemberitahuan Objek Pajak)

3.       Berapa Prosentase dasar penghitungan PBB atas Objek Pajak Pedesaan dan Perkotaan apabila NJOP-nya > Rp. 1.000.000.000,- ………….. (40 %)

4.       Mengemukakan alasan yang jelas dan mencantumkan besarnya Pajak Bumi dan Bangunan menurut perhitungan Wajib Pajak merupakan salah satu ………. Dalam pengajuan keberatan (syarat Materil)

5.       Dibawah ini merupakan isi keputusan atas permohonan pengurangan PBB kecuali :
a.    Mengabulkan seluruh permohonan;
b.    Mengabulkan sebagian;  
c.    Menambah besarnya jumlah pajak yang terutang;
d.    Menolak.



Soal Tematik C



1.       Surat yang digunakan untuk memberitahukan besarnya Pajak Bumi dan Bangunan yang terutang disebut ……………..(SPPT)

2.       NOP (Nomor Objek Pajak) merupakan nomor identitas dari setiap bidang tanah dan atau bangunan yang terdiri dari 18 digit, Digit 14,15,16,17 merupakan kode dari………. (Kode Nomor Urut Objek Pajak)

3.       Berapakah prosentase besarnya tarif Pajak Bumi dan bangunan (PBB)…….. (0,5 %)

4.       Undang-undang nomor 12 tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang nomor 12 tahun 1994 merupakan ……….. PBB (Dasar Hukum)

5.       Dibawah ini merupakan isi dari keputusan atas permohonan keberatan Pajak bumi dan atau Bangunan :
a.    Menolak;
b.    Menerima seluruh atau sebagian;
c.    Tidak dapat diterima;
d.    Menambah besarnya jumlah pajak yang terutang;
e.    Semuanya betul.
Soal Tematik D



1.       Apakah yang menjadi Dasar Pengenaan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan atau Bangunan …………. (Nilai Perolehan Objek Pajak (NPOP)

2.       Dalam BPHTB terdapat istilah NPOPTKP apakah kepanjangan dari NPOPTKP …………… (Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak)

3.       Berapakah prosentase pengenaan BPHTB dalam hal penerima hak pengelolaan adalah lembaga pemerintah non departemen……………… (0 %)

4.       Kapankah saat terutang pajak atas perolehan hak atas tanah dan bangunan untuk waris….. (sejak tanggal yang bersangkutan mendaftarkan peralihan haknya ke kantor pertanahan)

5.       Dibawah ini merupakan perolehan hak atas tanah dan bangunan yang dikenakan BPHTB kecuali :
a.    Jual beli;
b.    Penggabungan usaha;
c.    Wakaf;
d.    Pelaksanaan putusan hakim yang mempunyai kekuatan hukum tetap.


Soal Tematik E



1.       Surat yang digunakan Wajib Pajak untuk melakukan pembayaran BPHTB ke tempat pembayaran adalah …………… (SSB >> Surat Setoran Bea Perolehan Hak atas Tanah dan atau Bangunan)

2.       Dalam BPHTB terdapat istilah SKBKBT, apakah kepanjangan dari SKBKBT………… (Surat Ketetapan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Kurang Bayar Tambahan)

3.       Prosentase pengenaan BPHTB karena Waris dan Hibah Wasiat adalah …….. dari BPHTB yang seharusnya terutang/dibayar.    (50 %)

4.       Wajib Pajak dapat mengajukan permohonan banding atas surat keputusan keberatan hanya kepada……………… (Badan Peradilan Pajak)

5.       Dibawah ini adalah Surat yang dapat diajukan keberatan oleh wajib pajak, kecuali :
a.    Surat Ketetapan BPHTB kurang Bayar;
b.    Surat Keputusan Pengurangan BPHTB;
c.    Surat Ketetapan BPHTB Kurang Bayar Tambahan;
d.    Surat Ketetapan BPHTB Lebih Bayar.

Soal Tematik F



1.       Struktur organisasi 1 (satu) tingkat diatas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak adalah …………….. (Direktorat Jenderal Pajak)

2.       Seksi yang bertugas untuk mengawasi dan memproses segala permohonan Wajib Pajak di kantor Pelayanan Pajak disebut Seksi …………… (Seksi Pengawasan dan Konsultasi (Waskon))

3.       Didalam struktur organisasi Kantor Pelayanan Pajak terdapat istilah AR, apakah kepanjangan dari AR………… (Account Representatif)

4.       Disebut apakah Kantor Pelayanan Pajak yang seluruh Wajib Pajaknya terdiri dari Badan badan yang kepemilikannya milik Asing dan orang orang yang merupakan Warga Negara Asing ……….. (KPP Badora >> Badan dan Orang Asing)

5.       Dibawah ini merupakan Struktur KPP WP Besar/WP Besar OP/BUMN /PMB/PMA/madya kecuali :
a.    Subbagian Umum
b.    Seksi Pengolahan Data dan Informasi
c.    Seksi Ekstensifikasi
d.    Fungsional Pemeriksa Pajak

Soal Tematik G



1.       Suatu system di perpajakan dimana setiap Wajib Pajak diberikan kepercayaan untuk mendaftarkan diri, menghitung, melaporkan dan memperhitungkan pajaknya sendiri disebut …………….. (Self Assesment System)

2.       NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak yang terdiri dari 15 digit yang setiap kelompok digit menggambarkan kode kode tertentu, untuk kelompok digit yang ke 10, 11, 12 merupakan kode……. (Kode KPP)

3.       Fasilitas yang diberikan kepada Orang Pribadi yang ingin mendaftarkan diri menjadi Wajib Pajak melalui internet disebut …………. (e-registration)

4.       Dalam pendataran NPWP melalui internet dikenal istilah SKTS, apakah kepanjangan dari SKTS tersebut …………. (Surat Keterangan Terdaftar Sementara)

5.       Dibawah ini merupakan syarat syarat yang harus dilampirkan Wajib Pajak Badan untuk memperoleh NPWP, Kecuali :
a.    Fotokopi KTP Pengurus;
b.    Fotokopi Akte Pendirian;
c.    Fotokopi Akte Keluarga;
d.    Surat Keterangan Kegiatan Usaha.

Soal Tematik H



1.       Bank bank yang dapat digunakan untuk menampung atau tempat pembayaran pajak disebut Bank ……….(Bank Persepsi)

2.       Dalam pelaksanaan pemantauan dan pembayaran pajak dikenal istilah MPN, apa kepanjangan dari MPN tersebut ……….. (Modul Penerimaan Negara)

3.       Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) yang dilakukan oleh Wajib Pajak dengan melaporkan pajaknya melalui media elektronik internet disebut ………… (E-Filing)

4.       Suatu bukti yang diterima Wajib pajak setelah melaporkan SPT sebagai bentuk pengawasan administrasi terhadap surat/berkas Wajib Pajak disebut ……….. (Bukti Penerimaan Surat >> BPS)

5.       Surat Setoran Pajak (SSP) terdiri dari 5 (lima) rangkap, lembar 3 digunakan untuk :
a.    Untuk arsip Wajib Pajak;
b.    Untuk dilaporkan Wajib Pajak ke KPP;
c.    Untuk KPP melalui KPPN;
d.    Untuk arsip tempat pembayaran.



Soal Tematik I



1.    Disebut apakah pajak yang dikenakan pada setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh WP yang dapat dipakai untuk konsumsi dan menambah kekayaan WP yang bersangkutan dengan nama dan dalam bentuk apapun……… (Pajak Penghasilan)

2.    Dalam penghitungan pajak penghasilan Wajib Pajak orang pribadi dikenal istilah PTKP, apa kepanjangan dari PTKP tersebut ……………. (Penghasilan Tidak Kena Pajak)

3.    Berapakah tarif Pasal 17 UU PPh atas WP Orang Pribadi bila lapisan penghasilan kena pajaknya diatas Rp 50.000.000 s.d Rp 250.000.000 ………………… ( 10 % )

4.    Berapakah besarnya PTKP untuk diri Wajib Pajak Orang Pribadi untuk tahun pajak 2009 ……………………. (Rp 15.840.000,0)

5.    Dibawah ini merupakan Subjek Pajak Penghasilan, kecuali :
a.    Bentuk usaha tetap;
b.    Kantor perwakilan Negara asing;
c.    Warisan yang belum terbagi;
d.    Orang Pribadi atau Badan.
Soal Tematik J



1.    Direktorat Jenderal Pajak memiliki 8 layanan unggulan kepada masyarakat luas dan Wajib Pajak kususnya, berapakah jangka waktu penyelesaian permohonan pengukuhan PKP ………….. (3 hari kerja)

2.    Disebut apakah cara pelaporan Surat Pemberitahuan secara langsung oleh Wajib Pajak dengan melaporkan pajaknya menggunakan media elektronik missal CD, Flashdisk dll……………. ( E-SPT)

3.    Lembar Surat Setoran Pajak (SSP) terdiri dari 5 rangkap, lembar 4 adalah lembar yang peruntukannya untuk ……………… (arsip tempat pembayaran)

4.    Batas waktu pelaporan pajak untuk SPT Tahunan PPh Badan adalah …………. Setelah berakhirnya tahun pajak. (empat bulan)

5.    Dibawah ini merupakan 8 (delapan) layanan unggulan Direkorat Jenderal Pajak, Kecuali :
a.    Penyelesaian Permohonan restiusi PPN;
b.    Penerbitan SPMKP;
c.    Penyelesaian permohonan pendaftaran NPWP;
d.    Penyelesaian permohonan SKF

Soal Tematik K



1.       Besarnya penghasilan kena pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap, ditentukan berdasarkan ……………….. dikurangi biaya untuk mendapatkan, menagih dan memelihara penghasilan.   (penghasilan bruto)

2.       Berapakah besarnya PTKP untuk setiap tambahan keluarga sedarah dan semenda dalam garis keturunan lurus dan anak angkat yang menjadi tanggungannya adalah…  (Rp 1.320.000,-)

3.       Tarif Pasal 17 UU PPh untuk penghasilan kena pajak bagi Wajib Pajak Badan untuk tahun 2009 adalah ……… (28 %)

4.       Secara umum Pajak Penghasilan dihitung dengan cara mengalikan ……………. Dengan Penghasilan Kena Pajak atau penghasilan yang diterima/diperoleh. (tariff pajak)

5.       Dibawah ini biaya biaya yang tidak diperkenankan untuk menentukan besarnya penghasilan kena pajak, keculai :
a.    Biaya penyusutan dan amortisasi;
b.    Biaya yang dibebankan untuk kepentingan Pribadi Wajib Pajak;
c.    Sanksi administrasi dan sanksi pidana sehubungan dengan pelaksanaan undang undang perpajakan;
d.    Pajak penghasilan.


Soal Tematik L



1.    Termasuk objek pajak apakah penghasilan dari pengalihan harta berupa tanah dan atau bangunan : ………………….. (PPh Pasal 4 ayat 2)

2.    Berapakah tarif pajak final untuk penghasilan yang diperoleh berupa hadiah undian ……….. ( 25 % )

3.    Ketentuan tarif pajak final sebesar 3 % diberlakukan terhadap pelaksana kontruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa yang memiliki kuaifikasi usaha ……………………. (menengah dan besar)

4.    Batas waktu pelaporan SPT Masa PPh pasal 4 ayat 2 adalah tanggal ……………. Bulan berikutnya setelah masa pajak berakhir.     (tanggal 20)

5.    Dibawah ini termasuk objek pajak PPh Pasal 4 ayat 2, kecuali :
a.    Bunga deposito dan tabungan;
b.    Jasa kontruksi;
c.    Bungan simpanan koperasi kepada anggota orang pribadi;
d.    Persewaan atas penggunaan harta kusus kendaraan angkutan darat.

Soal Tematik M



1.    PPh Pasal 21 yang telah dipotong dan harus disetor paling lambat tanggal …………….. bulan berikutnya setelah masa pajak berakhir (tanggal 10)

2.    Berapakah PTKP untuk tambahan Wajib Pajak yang kawin untuk tahun pajak 2009 : …………. (Rp 1.320.000,-)

3.    Berapakah tarif pasal 17 UU PPh yang diberlakukan terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi bila penghasilan kena pajak dalam satu tahun pajak sebesar Rp 42.000.000,- : ……… (5%)

4.    Bagi Wajib Pajak yang dikenakan pemotongan PPh Pasal 21 bila tidak dapat menunjukkan NPWP, maka tarif pajak diterapkan ……………… lebih tinggi dibandingkan dengan Wajib Pajak yang memiliki NPWP.  ( 20 % )

5.    Dibawah ini adalah pihak yang ditunjuk sebagai pemotong PPh Pasal 21 adalah :
a.    Manager Perusahaan;
b.    Staf ahli;
c.    Kepala Sekolah;
d.    Bendaharawan.
Soal Tematik N



1.    PPh Pasal 22 atas pembelian barang oleh bendahara pemerintah harus dilaporkan ke KPP atau KP2KP paling lambat……….. hari setelah masa pajak berakhir (14)

2.    Badan yang ditunjuk sebagai pemungut PPh Pasal 22 atas impor barang adalah : …….. (Direktorat Jenderal Bea dan Cukai , Bank Devisa)

3.    Berapakah tarif pemungutan PPh Pasal 22 oleh Pertamina terhadap penjualan minyak tanah, LPG dan pelumas : …………………. (0,3 %)

4.    Pemungutan PPh Pasal 22 dan pemotongan PPh Pasal 23 terhadap Wajib Pajak yang tidak memiliki NPWP dikenakan tarif ………… lebih tinggi dari pada tarif yang dikenakan kepada WP yang memiliki NPWP.   (100 %)

5.    Dibawah ini objek pemungutan PPh Pasal 22, kecuali :
a.    Pembelian barang oleh Pemerintah yang jumlahnya dibawah Rp. 1000.0000,-
b.    Penjualan hasil industri otomotif;
c.    Penjualan premium oleh Pertamina;
d.    Penjualan minyak tanah selain Pertamina.



Soal Tematik O



1.    Sanksi administrasi berupa denda atas keterlambatan pelaporan SPT Masa PPh Pasal 23 adalah sebesar …………… per masa pajak  (Rp 100.000,-)

2.    Berapakah tarif PPh Pasal 23 atas jasa sehubungan software computer, termasuk perawatan, pemeliharaan dan perbaikan bila penerima penghasilan jasa tersebut tidak memiliki NPWP : ………………. (4 %)

3.    Angsuran Pajak yang dibayarkan setiap bulan oleh Wajib Pajak Badan dan Orang Pribadi yang melakukan kegiatan usaha bebas disebut :………….. (angsuran PPh Pasal 25)

4.    PPh Pasal 25 harus dibayar/disetor paling lambat tanggal …………….. bulan berikutnya setelah masa pajak.   (15)

5.    Dibawah ini termasuk objek pajak yang menjadi objek Pajak PPh Pasal 23, kecuali :
a.    Jasa catering;
b.    Jasa akuntasi dan pembukuan;
c.    Sewa dan penghasilan lain sehubungan dengan penggunaan harta kusus angkutan darat;
d.    SHU koperasi yang dibayarkan oleh koperasi kepada anggotanya.
Soal Tematik P


1.    Direktorat Jenderal Pajak memiliki 8 layanan ungggulan, berapakah jangka waktu penyelesaian permohonan keberatan penetapan pajak : …………….. (12 bulan)

2.    Berapakah prosensate tarif pajak atas penghasilan dari bunga deposito dan tabungan ……………… (20 %)

3.    Sanksi administrasi berupa denda atas keterlambatan pelaporan SPT Tahunan Badan adalah sebesar ……………….. per tahun pajak  (Rp 1.000.000,-)

4.    Batas waktu pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi adalah …………….. setelah berakhirnya tahun pajak.        (3 bulan)

5.    Wajib Pajak Badan dalam negeri dengan omset sampai dengan Rp 50 milyar, mendapat fasilitas pengurangan tarif sebesar :
a.    10 %
b.    25 %
c.    28 %
d.    35 %
e.    50 %


Soal Tematik Q



1.    Batas waktu penyetoran Pajak Pertambahan Nilai dalam negeri yang telah dipotong atau dipungut adalah tanggal ……………… bulan berikutnya setelah masa pajak. (15)

2.    Orang/Badan yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) dan atau Jasa Kena Pajak maka akan dikenakan pajak berdasarkan UU Pajak PPN dan PPn BM. Maka mereka adalah disebut : …………………. (Pengusaha Kena Pajak)

3.    Berapakah tarif PPN dan PPnBM atas barang ekspor barang kena Pajak (BKP) …….….(0 %)

4.    Sanksi administrasi berupa sanksi denda atas keterlambatan pelaporan SPT Masa PPN adalah sebesar …………………. Per masa pajak  (Rp. 500.000,-)

5.    Dibawah ini termasuk jenis barang yang tidak dikenakan Pajak Pertambahan Nilai, Kecuali :
a.    Minyak mentah;
b.    Uang, emas batangan dan surat surat berharga;
c.    Makanan dan minuman yang disajikan di hotel;
d.    Alat alat kesehatan.
Soal Tematik R



1.    Batas waktu pelaporan SPT Masa PPN dalam negeri ke KPP atau KP2KP adalah tanggal ……………. Bulan berikutnya setelah masa pajak.    (tanggal 20)

2.    Yang menjadi Dasar Pengenaan Pajak atas semua biaya yang diminta oleh penjual karena penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) adalah : …………. (Harga Jual)

3.    Berapakah tarif tertinggi atas PPnBM ……………….. ( 75 % )

4.    Jasa jasa dibawah ini adalah jasa yang tidak dikenakan Pajak Pertambahan Nilai, Kecuali :
a.    Jasa Perencanaan/Pengawasan Konruksi;
b.    Jasa di bidang perhotelan;
c.    Jasa Tenaga Kerja;
d.    Jasa dokter spesialis.

5.    Dibawah ini adalah pihak yang ditunjuk sebagai pemungut pajak pertambahan nilai adalah :
a.    Bendaharawan Pemerintah;
b.    Pengusaha Kena Pajak;
c.    BUMN/BUMD;
d.    Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN);
e.    Semua betul

Soal Tematik S



1.    Bukti pungutan pajak yang dibuat oleh PKP karena penyerahan BKP atau JKP disebut : …………… (Faktur Pajak)

2.    Faktur Pajak Standar memiliki kode dan nomor seri tertentu yang terdiri dari 16 digit nomor, yang tiap kelompok digit mewakili kode tertentu. Untuk kelompok digit ke 7 dan 8 merupakan kode dari ………….. (Tahun Penerbitan)

3.    Bila pembayaran  diterima  setelah  akhir  bulan  maka  faktur  pajak  standar dibuat paling lambat pada …….………………… setelah terjadinya penyerahan BKP dan atau JKP.   (Akhir bulan berikutnya)

4.    Dasar Pengenaan Pajak untuk Kegiatan membangun sendiri adalah ..……  % dari jumlah  biaya yang dikeluarkan / dibayarkan.    (40 %)

5.    apabila terjadi PPN Kurang bayar, bagi PKP dikarenakan...
a. PK < PM
b. PK > PM
c. PK = PM
d. PK – PM
e. PK + PM 


Soal Tematik T



1.    kapan Saat terutang Bea Meterai bila dokumen yang dibuat oleh lebih dari satu pihak :…………………… (saat selesainya dokumen itu dibuat)

2.    Tarif Bea meterai atas Akta akta yang dibuat oleh Pejabat pembuat Akta Tanah (PPAT) adalah sebesar : ……………… (Rp 6.000,-)

3.    Sanksi administrasi berupa sanksi denda atas Bea Meterai yang tidak atau kurang dilunasi adalah sebesar ………………. Dari Bea Meterai yang tidak atau kurang dibayar.  ( 200 %)

4.    Berapakah batas minimal pelunasan bea meterai dengan mesin teraan : ………………. (Rp 15.000.000,-)

5.    Dibawah ini dikenakan Bea Meterai dengan tarif Rp 6.000,- , kecuali :
a.    Surat Perjanjian;
b.    Cek dan Bilyer Giro;
c.    Akta akta Notaris;
d.    Akta yang dibuat PPAT;
e.    Wesel.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyrigh t © 2009 Nation's children |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.